Kondisi Kabut Asap di Riau kian Memprihatinkan

download (2)
5 Cara Efektif Melakukan Perubahan Dahsyat
September 22, 2015
businessmen-42691_960_720
Cara menjadi Pengusaha
September 16, 2016
Show all

Kondisi Kabut Asap di Riau kian Memprihatinkan

download (1)
PondokSedekah, zakat, infaq, wakaf dan sedekah  sarana Anda menuju Jannah

PondokSedekah, zakat, infaq, wakaf dan sedekah sarana Anda menuju Jannah

Kondisi dibeberapa daerah yang terjadi kebakaran hutan masih diselimuti dengan kabut asap. Terlebih di Riau, keadaan kian pekat. Keadaan ini sangat tidak sehat bagi masyarakat. Kondisi perekonomian pun menjadi lumpuh otomatis gairah wirausaha melambat.

BMKG Riau merilis, pantauan terhadap asap semakin memburuk, bahkan dibeberapa daerah seperti Pekanbaru dan Rengat jarak pandang hanya berkisar 100 meter, ini menandakan kabut asap di Riau makin tebal.

Di luar Riau sendiri ternyata BMKG menyampaikan bahwa titik panas Sumatra tidak hanya di Riau melainkan ada di Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau, tak tanggung-tanggung jumlah titik panas itu mencapai 674 titik.

Sedangkan sebaran titik panas juga terdapat di bagian Indonesia lainya, BNPB merilis sebaran titik panas itu terdapat di daerah selain Sumatra, mulai dari pulau Kalimantan terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah. Sementara di Sulawesi terdapat di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan di pulau Jawa terdapat di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sedang di timur Indonesia terdapat di Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Irian Jaya Barat.

Dengan begitu banyaknya titik api diseluruh Indonesia, kondisi ini mengakibatkan kerugian di berbagai aspek, mulai ekonomi, kesehatan, sosial, dan mengganggu keberlangsungan kehidupan di Indonesia.

Pemerintah tidak bisa memandang sebelah mata, karena masalah kebakaran hutan berarti bagian dari permasalahan saat ini dan masa depan kelak. Hutan yang terbakar akan mengubah ekosistem yang telah ada. Imbasnya mulai dari flora-fauna akan berkurang dan bisa jadi akan punah.

BNPB telah siapkan dana sebesar 385 miliar untuk penanggulangan kebakaran hutan. Karena kondisi ini jika tidak segera ditangani dengan cepat maka akan makin memburuk.

Lebih dari itu, pasca terjadinya kebakaran negara pun harus bisa melakukan cara untuk mereboisasi lahan hutan yang telah terbakar dengan cepat.

Semoga bencana seperti ini tidak selalu terulang dimasa yang akan datang, untuk itu pemerintah harus bisa mengatur regulasi hukum, dan pencegahan serta penanganan secara profesional untuk menanggulangi kebakaran hutan dengan cepat. (hdn)

Agro Property

AgroProperty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>