TIPS MUDIK BERKAH DAN BERPAHALA

download (3)
RAHASIA MEMBANGUN BISNIS BAROKAH DENGAN 4 PILAR SUKSES
July 13, 2015
gambar2
Kisah Nyata yang menginspirasi, Asuransi Ilahi
August 17, 2015
Show all

TIPS MUDIK BERKAH DAN BERPAHALA

Tips Mudik Berkah dan Berpahala

Bissmillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum WR WB.

PETips, 14/07/2015

 


>> Mau Investasi Cerdas Bernilai Sedekah Full Barokah ? << klik

>> Infaq, Zakat dan Sedekah Rezeki BERLIMPAH ! << klik


 

Sahabat,”tamu istimewa” yang telah di hidangkan Allah akan kembali pergi, Ramadhan akan bersiap-siap di pintu keberangkatan dan Syawal nan Fitri sudah diambang pintu gerbang kemenangan. Alhamdulillah setelah sebulan kita menahan haus, lapar dan segala nafsu maksiat, kini saatnya kita kembali saling memaafkan atas segala dosa dan khilaf. Sebagian bersar sahabat mungkin sedang dan akan melaksanakan mudik ke kampung halaman, bersilahturahim bersama orang tua dan sanak saudara lainnya. Berikut beberapa rangkuman Tips Mudik yang Insya Allah Berkah dan Berpahala.

Mudik termasuk ke dalam kondisi musafir. Kata Rasulullah dalam hadist riwayat imam Bukhori, safar adalah separuh siksa di dunia. Karena ibadah menjadi “kacau” apalagi sholat.?

Berikut kami sharekan adab musafir, agar safar/perjalanan kita tidak sekedar jalan saja, tapi juga berkah berpahala di Mata Allah.

 

  1. Dirikanlah sholat sunat dua rakaat sebelum keluar rumah. Semoga Allah permudahkan segala urusan.

“Tidaklah seseorang meninggalkan sesuatu bagi keluarganya yang lebih baik dari 2 rakaat yang dilakukan di sisi mereka ketika berniat untuk bermusafir”

(H.R. Imam Thobroni)

 

  1. Safar di hari kamis atau selainnya. Sebisa mungkin hindari hari jumat agar tidak mengganggu sholat jumat.

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam berangkat ke Perang Tabuk pada Khamis. Rasulullah menyukai memulai perjalanannya pada Khamis.”

(H.R. Imam Bukhari)

 

  1. Meminta izin dan mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga.

“Apabila seseorang dari kamu akan bermusafir, hendaklah meminta izin kepada saudara-saudaranya, sebab sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan pada doa mereka.”

(Diambil dari kitab al-Azkar Imam Nawawi)

 

  1. Hendaknya memulai perjalanan pada malam hari. Karena malam hari lebih tenang dan pendek waktunya. Dan sedikit waktu sholat fardhu.

“Berjalanlah pada waktu malam karena bumi dijadikan lebih pendek pada waktu malam.”

(HR Imam Abu Daud)

 

  1. Hendaknya bermusafir dengan membawa teman. Kalau lebih dari 3 orang, sunah untuk melantik ketua bagi perjalanan tersebut.

“Jika manusia mengetahui bahaya bermusafir sendirian sebagaimana aku ketahui, tentu mereka enggan bermusafir sendirian.”

(H.R. Imam Bukhari)

  1. Membaca doa sebelum bermusafir, baik doa naik kendaraan dan doa ketika memasuki suatu kawasan atau tempat orang. Seorang lelaki berkata (kepada Rasulullah), wahai Rasulullah, saya akan memulai perjalanan (musafir), jadi berikanlah nasihat kepada saya. Nabi berkata : hendaklah engkau bertakwa kepada Allah dan bertakbir setiap kali melewati (melalui) tempat yang tinggi. Selepas lelaki itu pergi, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam berdoa, “Ya Allah, dekatkanlah jarak perjalanannya dan mudahkan perjalanannya.” (HR. Imam Tirmidzi)

 

  1. Bertakbir bila melalui tempat tinggi dan bertasbih ketika menuruni tempat tinggi. Termasuk yang naik pesawat, kan juga mengalami hal ini.

Dari Jabir r.a. dia berkata :“Apabila kami naik kami bertakbir, dan apabila turun kami bertasbih”

(H.R. Imam Bukhari)

 

  1. Membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Kebanyakan dari kita selalu membeli buah tangan untuk dibawa pulang, tapi tak sadar bahwa yang kita lakukan adalah sunnah Rasul. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Hendaklah kalian saling memberi hadiah, karena hal itu akan membuat kalian saling mencintai. ”

(HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al-Kubro 6/169, hasan)

 

  1. Bersujud syukur sesampainya di tempat tujuan.

 

  1. Meminta orang musafir mendoakan kita karena doa orang yang bermusafir lebih mustajab.

”Tiga doa yang sangat mustajab; doa orang yang puasa, doa orang yang di dholimi dan doa orang yang musafir.”

(Hadis riwayat Bukhari, Ahmad dan Tirmidzi.)

Dari Umar Bin Khattab r.a dia berkata : Aku meminta izin kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam  untuk melaksanakan ibadah umroh dan beliau mengizinkanku serta bersabda :

“Jangan engkau lupakan kami dalam doamu, wahai saudaraku”.

(HR. Imam Tirmidzi)

Bayangkan, Rasulullah pun minta orang bermusafir mendoakannya. Ini yg sering kita lewatkan. Meminta doa kepada para musafir.

 

Oya Sahabat yang dirahmati Allah, apabila seseorang itu bermusafir lebih dari dua marhalah (89 kilometer), maka ia di anjurkan untuk melakukan sholat qoshor dan jamak.

 

Sholat jamak dan qoshar ini adalah suatu keringanan yang diberi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada hamba-Nya yang sedang musafir.?

Mudah-mudahan beberapa tips adab berpergian di atas menjadi bekal menuju kampung halaman Sahabat Muslim Pesantren Entrepreneur sekalian, dan sebaik-baiknya bekal adalah Taqwa.

“Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa dan bertaqwalah kepadaKu hai orang-orang yang berakal”.

(QS. Al. Baqarah: 197).

Jaga kesehatan, keselamatan dan patuhi aturan lalu lintas.

Wallahu A’lam Bish shawab..Wassalamu’alaikum WR WB. (Yoed – dikutip dari berbagai sumber)

 


>> Mau Investasi Cerdas Bernilai Sedekah Full Barokah ? << klik

>> Infaq, Zakat dan Sedekah Rezeki BERLIMPAH ! << klik


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>